Pentingnya Guiding Block untuk Jalur Difabel

Jual Guiding block – Untuk masyarakat khususnya yang berlokasi di area perkotaan pastinya kerap menjumpai ubin yang permukaannya memiliki pola berupa titik-titik bulat kecil maupun berupa pola garis yang memanjang.

Ubin atau keramik bertekstur ini bukanlah untuk menambah keindahan tatanan kota semata, akan tetapi untuk membantu memandu penyandang difabel untuk menemukan jalan yang lebih aman dan untuk mempermudah menuju tempat tujuan.

Keramik bertekstur ini kerap dikenal dengan nama Guiding Block atau Tactile Paving. Guiding Block jalur pemandu Tunanetra ini bisa diartikan sebagai lantai yang mempunyai tekstur dipermukaannya yang berguna untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang Tunanetra untuk menjumpai jalur yang tepat untuk melangkah serta menopang penyandang Tunanetra tersebut dalam menuju tempat tujuan.

Jadi sangat banyak kegunaan dari Guiding Block ini sebagai lantai bertekstur yang digunakan untuk membantu memberikan kemudahan pada pejalan kaki berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas khususnya Tunanetra.

Pengertian Guiding Block

Guiding Block adalah media yang berupa keramik yang saat ini sering dijumpai sebagai fasilitas yang diberikan oleh pemerintah baik di fasilitas pada jalanan umum maupun pada gedung-gedung.

Guiding block tactile paving jalur pemandu disabilitas ini telah banyak tertempel khususnya pada daerah kota-kota yang padat penduduk misalnya saja Guiding Block di kota Jakarta, Semarang, Jogjakarta, Solo, Madiun, Surabaya, Bali, Balikpapan.

Meskipun sudah banyak terpasang di banyak tempat, sepertinya ada sebagian masyarakat yang masih belum mengetahui fungsi dari tactile paving block tersebut.

Penggunaan Tactile paving ini telah banyak dipakai di negara-negara maju dan sekarang ini telah ada peraturan perundang-undangannya guna menjadikan jalur baik bagi penyandang disabilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *