Plafon GRC

Plafon adalah pembatas antara atap dengan ruang di bawahnya. Selain digunakan sebagai penutup bagian atas ruangan agar terlihat rapi dan tertata, plafon juga berkontribusi pada keindahan interior bangunan.  

Oleh karena itu, pemilihan bahan atap juga harus diperhatikan. Tahukah kamu? Selain atap PVC, salah satu material yang dapat digunakan sebagai material atap adalah GRC (Glass Fiber Reinforced Cement). Seperti namanya, atap GRC terbuat dari campuran fiber dan semen. 

 Terlihat bahwa bahan dasar atap GRC mirip dengan beton, namun lebih ringan. Jika beton memiliki rangka baja, atap GRC diperkuat dengan serat kaca. Terkadang ada yang membandingkan plafon GRC dengan plafon gypsum, padahal sebenarnya keduanya berbeda. 

 Nah, kalian pasti penasaran, apa sih kegunaan dari atap GRC tersebut? Sebelumnya mari kita pahami dulu karakteristik material dan kelebihan atap GRC berikut ini.  

Plafon GRC untuk plafon kamar basah rumah  

Seperti yang telah Anda baca sebelumnya, atap GRC cenderung lebih tahan air. Plafon GRC dapat Anda gunakan sebagai plafon untuk dipasang di ruangan yang lembab atau berisiko kelembaban tinggi. Misalnya, Anda bisa menggunakan plafon GRC untuk plafon dapur yang mungkin terkena uap panas setiap hari. Selain itu, untuk ruangan yang sangat lembab seperti kamar mandi, Anda juga bisa memilih plafon GRC sebagai bahan plafon. Teras atau ruang semi outdoor lainnya yang mungkin terkena cipratan air hujan. 

 Dapat dibentuk sesuai kebutuhan Berbeda 

dengan plafon kayu atau triplek yang lebih keras dan hanya bisa digunakan pada desain plafon tertentu, plafon GRC mudah dibentuk karena fleksibilitas bahan dan dapat mengikuti bentuk lengkung tertentu. Karena campuran serat kaca, atap GRC tidak rapuh. Ini memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk membentuk langit-langit GRC agar sesuai dengan desain yang Anda inginkan.  

Plafon panel GRC yang mudah dipasang 

 Karena permukaannya sudah rata, maka pada saat dicat melalui proses pengecatan maka plafon GRC tidak perlu melalui proses plamir atau dikenal juga dengan proses perataan permukaan yang akan dicat, dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaannya. proses instalasi. proses. Bobotnya juga relatif ringan. Bayangkan atap ini beratnya hanya 18 kilogram per meter persegi, tahukah Anda?  

Nah, jika Anda menggunakan plafon GRC yang sudah lembaran logam, pemasangannya akan jauh lebih mudah. Biasanya terdapat bagian yang lebih tipis atau recessed pada bagian tepinya, sehingga proses penyambungan plafon GRC menjadi lebih mudah. Penggunaan senyawa untuk pelekatan mungkin lebih sedikit.  

Atap GRC lebih awet  

Jika Anda mencari atap yang bisa digunakan dalam waktu lama, atap GRC sangat cocok untuk Anda. Produk atap GRC biasa yang ada di pasaran terkenal dengan daya tahannya hingga 25 tahun lho! Ketahanan plafon gantung GRC lebih tahan lama dibandingkan plafon gantung plester. Jika ternoda, penanganan biasanya mudah dibersihkan. Topi GRC seringkali murah Saat memilih bahan atap, salah satu pertimbangan yang tidak akan pernah Anda lewatkan adalah harga.  

Nah, dari segi harga, atap GRC tidak semahal itu. Masing-masing memiliki ukuran 1,2 x 2,4 meter dan tebal 4 mm, harga bahan atap GRC sekitar Rp 57.000 hingga Rp 5,8 juta. 

 Atap GRC tahan api dan tahan air  

Keuntungan lain dari atap GRC adalah impermeabilitasnya. Dibandingkan dengan plafon gipsum, yang mudah rusak saat terkena air, plafon GRC tahan air dan karenanya lebih kecil kemungkinannya untuk bocor. Juga, atap GRC memiliki ketahanan api yang lebih baik daripada atap kayu lapis. Oleh karena itu, atap GRC seringkali tidak mudah terbakar atau menyebar. Atap GRC aman untuk kesehatan Atap GRC tidak mengandung asbes. 

 Ini mencegah atap GRC mengganggu kesehatan Anda seperti asbes. Jika Anda menghirup asbes, Anda akan meningkatkan risiko kanker paru-paru, yang merugikan kesehatan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat membuat model plafon rumah impian Anda tanpa khawatir keracunan. 

 Setelah memahami berbagai kelebihan atap GRC di atas, saya pasti sangat penasaran Apa sih kegunaan atap GRC? Atap GRC berbentuk kubah Karena fleksibel dan tidak getas, panel GRC bisa digunakan untuk membuat kubah, lho! Bahkan karena bahannya yang kedap air, 

 bahan yang digunakan untuk atap GRC dapat dipasang sebagai penutup kubah di luar, yaitu di luar. Kubah cenderung lebih sering muncul pada bangunan umum atau keagamaan yang besar, namun tidak ada salahnya menggunakan plafon GRC ini untuk membuat plafon kubah di rumah Anda. Buat bentuk atap melengkung Mirip dengan membentuk atap kubah, membuat atap melengkung atau atap kubah barel, Anda juga bisa menggunakan atap GRC untuk melengkapinya.  

Hal ini dikarenakan atap GRC dapat ditekuk dengan kelengkungan tertentu. Nah, jika Anda memiliki ruangan atau kombinasi ruangan di rumah Anda yang tidak memiliki dinding memanjang, Anda bisa menggunakan plafon GRC untuk mendesain langit-langit berkubah. Plafon berkubah dapat membuat ruangan terlihat lebih luas. Bahan plafon GRC dapat digunakan sebagai pembatas ruangan Tahukah Anda bahwa bahan atap GRC lembaran juga dapat digunakan sebagai penyekat ruangan? Hal ini dikarenakan komposisi plafon GRC dapat meredam suara, namun tidak seberat dinding bata. Panel GRC juga dapat dipasang sebagai pembatas ruangan terutama pada gedung bertingkat dan tentunya tidak dapat kelebihan beban.  

Penggunaan plafon GRC sebagai dinding ruangan  

juga seringkali lebih efektif dibandingkan dinding bata. Sebagai pelapis dinding dan pilar interior dan eksterior Selain digunakan sebagai pembatas ruangan, panel GRC yang umumnya digunakan sebagai plafon memiliki fungsi lain lho! Bahan ini dapat digunakan sebagai bahan pelapis dinding, serta tiang dan pilar bangunan. 

Bobot material papan GRC yang tidak terlalu berat memungkinkan untuk dipasang di dalam ruangan sebagai elemen dekoratif. Bahkan, karena material papan GRC tahan air, maka bisa juga diaplikasikan pada dinding eksterior bangunan. Papan GRC juga dapat digunakan untuk membuat lisplang karena tidak mudah rusak jika terkena air.  

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan plafon GRC di rumah? Selain menggunakan plafon, pastikan juga menggunakan berbagai produk dari kusen aluminium malang untuk melengkapi dan memperindah desain rumah Anda, ya! kusen aluminium malang juga menyediakan berbagai jenis kusen mulai dari desain hingga harga yang beragam yuk cek kusen aluminium di malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *