Beberapa Contoh Plastik Tahan Panas Terbaru 2021!!!

plastik tahan panas

Assalamu’alaikum Wr. Wb. pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang plastik tahan panas. Plastik yang paling umum digunakan sehari-hari adalah plastik pembungkus makanan dan minuman.

Karena bentuknya yang praktis, banyak digunakan sebagai alat rumah tangga untuk menggantikan logam, kayu, kertas, dan kaca. Selain digunakan sebagai bahan untuk peralatan rumah tangga, plastik dibuat menjadi berbagai jenis barang.

Benda-benda plastik seperti mainan anak, casing (ponsel, televisi, dan komputer), lampu hias, kran, pipa, serta suku cadang kendaraan dan peralatan listrik terbuat dari plastik.

Baca juga Web utama kami Rumah Mesin

Plastik Tahan Panas

Acrylonitrile butadiene styrene ( ABS )

ABS atau acrylonitrile butadiene styrene, adalah salah satu dari lima resin sintetis tahan, yang merupakan plastik tahan panas, ketahanan kimia yang baik, dan sifat listrik yang sangat baik. Namun, dengan sifatnya yang kuat, ABS juga dapat dengan mudah diproses, ukuran dan stabilitas produk, karakteristik permukaan yang baik, kilap, pewarnaan, pelapisan mudah.

Proses sekunder juga dapat dilakukan seperti metalisasi permukaan, elektroplating, pengelasan, hot press, bonding, dll. Jenis plastik ABS ini digunakan dalam industri mesin, mobil, instrumentasi, elektronik, tekstil dan konstruksi.

Kopolimer akrilonitril butadiena striena adalah terpolimer yang terdiri dari akrilonitril, butadiena dan stirena. Biasanya ABS akan berwarna kuning-putih atau non-kristal seperti susu, dan juga plastik adalah plastik yang paling banyak digunakan.

Baca juga : Mesin Pencacah Plastik Untuk Limbah Plastik Terbaru 2021

Polypropylene (PP)

Polypropylene terbuat dari kombinasi monomer propilena. Hal ini biasa digunakan dalam berbagai aplikasi seperti kemasan untuk produk konsumen, komponen plastik untuk berbagai industri, perangkat khusus seperti engsel langsung, dan juga tekstil.

PP (Polypropylene) ditemukan pada tahun 1951 oleh sepasang ilmuwan minyak Phillips bernama Paul Hogan dan Robert Banks, dan kemudian oleh ilmuwan Italia dan Jerman Natta dan Rehn.

Profesor Giulio Natta, polimerisasi pertama. Kemudian, Natta menyempurnakan dan mensintesis resin polipropilen pertama di Spanyol pada tahun 1954. Kemampuan polipropilen untuk mengkristal menciptakan banyak kegembiraan. Pada tahun 1957, PP meledak dalam popularitas dan menyebarkan produksi komersialnya ke seluruh Eropa.

Expanded Polystyrene (EPS)

Kami akan membahas tentang busa berbahan Polystyrene PS (C8H8), atau bisa disebut juga dengan Expanded Polystyrene. Jenis plastik ini juga merupakan plastik tahan panas, biasa digunakan untuk bahan kotak makanan, kemasan produk elektronik, kotak es, dan sebagainya.

 2 Jenis Busa Polystyrene  :

  1. Expanded polystyrene / EPS umumnya digunakan sebagai kemasan untuk berbagai produk elektronik, peralatan listrik, kotak es, helm, tempat tidur dan blok untuk konstruksi jalan.
  2. Kertas Polystyrene / PSP, disebut Extruded Polystyrene, adalah jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat kotak makanan dan nampan.

Bahaya Kemasan Dari Plastik

Plastik digunakan sebagai kemasan makanan. Pengemasan adalah wadah dan pengemasan makanan, baik langsung maupun tidak langsung dengan makanan atau bahan makanan.

Pengemasan memiliki berbagai fungsi antara lain untuk menjaga kebersihan makanan, mencegah kontaminasi mikroorganisme, melindungi produk dari kerusakan fisik dan kimia, memberikan informasi produk dan petunjuk penyimpanan dan pengolahan yang benar, serta nilai gizi pada label.

Oleh karena itu, untuk memilih jenis kemasan, faktor keamanan harus diperhatikan. Plastik digunakan untuk kemasan karena kelebihannya. Berbagai keunggulan plastik, seperti dari segi bentuknya yang fleksibel sehingga mudah mengikuti bentuk makanan yang dikemas, ringan, tidak mudah rusak, transparan, mudah diberi label dan dibuat dalam berbagai warna.

Selain itu, plastik juga dapat diproduksi secara massal, harganya cukup murah dan tersedia berbagai jenis pilihan bahan dasar plastik. Jenis kemasan yang paling umum saat ini adalah plastik dan styrofoam.

Selain itu penggunaan plastik sangat tinggi sehingga dapat menimbulkan sampah plastik, oleh karena itu sampah plastik dapat dihitung dengan menggunakan mesin sumpit botol dan sampah plastik sehingga dapat dijual dan juga didaur ulang.

Baca juga : Cara Membuat Kopi Gula Aran Enak dan Mudah Dibuat

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang plastik tahan panas bermanfaat dan berguna bagi anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *