Tips Pergi Ke Air Terjun Saat Musim Hujan Di Tempat Wisata Alam Di Kopeng

wisata alam di kopeng


Air terjun menjadi tempat wisata alam di Kopeng yang menjadi andalan. Mendaki menuju air terjun saat musim hujan menjadi pertimbangan yang harus sangat diperhatikan.

Tempat wisata alam di Kopeng memiliki pilihan air terjun dengan panorama yang indah saat musim hujan seperti Air Terjun Umbul Songo, Air Terjun Kalipancur, Air Terjun Sumuran. Berikut cara mempersiapkan pendakian di musim hujan dan apa yang akan terjadi.

Mendaki Saat Musim Hujan : Menyenangkan, Tapi Berbahaya

Ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan sebelum Anda pergi melalui jalur setapak dengan kondisi yang berbeda saat melakukan pendakian di hari yang cerah.

Anda mungkin tidak membutuhkan tabir surya, tetapi Anda membutuhkan obat anti serangga. Anda mungkin tidak perlu khawatir membawa terlalu banyak air, tetapi Anda harus memperhatikan ketinggian air sungai.

Tips dan Saran Untuk Mendaki Menuju Air Terjun Saat Musim Hujan

wisata alam di kopeng

Bawalah Cover Ransel Tahan Air

Jika Anda berencana ke tempat wisata alam di Kopeng saat musim hujan untuk mendaki menuju air terjun, pastikan Anda membeli sarung ransel tahan air yang bagus atau biasanya beberapa jenis ransel travelling sudah dilengkapi cover tahan air bahkan beberapa ransel juga dilengkapi teknologi tahan air. Namun ransel tahan air tidak pernah benar-benar tahan air, maka dari itu meengkapinya dengan cover tahan air adalah ide bagus.

Kantong Kering Sangat Penting

Kantong plastik kering atau pouch ziplock untuk yang lebih ramah lingkungan sangat penting dalam cuaca basah untuk melindungi barang berharga Anda seperti kamera, telepon, dan kunci mobil. Pastikan kantong tersebut dapat menampung barang dengan berat yang sesuai.

Waspadai Aliran Air Sungai yang Meningkat

Pada saat musim hujan, kondisi aliran air sungai bisa mendadak deras biasanya kiriman dari gunung lain dan aliran sungai yang naik bisa menjadi ancaman nyata.

Ingat, bukan hanya air hujan yang jatuh di tempat Anda berada, tetapi air yang jatuh lebih tinggi di daerah kubangan air terjun yang akan berdampak pada anak sungai di sekitar Anda saat mengalir ke hilir. Cuaca kering yang berkepanjangan dapat menyebabkan ‘terpalnya’ air dari tanah yang keras di beberapa daerah, sementara hujan dalam waktu yang lama dapat membasahi tanah, mengakibatkan bahaya banjir yang serupa.

Ada potensi banjir bandang saat hujan lebat, jadi berhati-hatilah saat mendaki di jalan setapak yang melintasi anak sungai dan sungai. Jika terlihat berbahaya untuk menyeberang, atau menyeberang menghalangi Anda jika permukaan air naik secara dramatis, lebih baik untuk berhati-hati dan berbalik.

Kenakan Sepatu dengan Kaos Kaki Bahan Wol

Tidak semua air terjun yang ada di tempat wisata alam di Kopeng mempunyai jalur yang bagus, contohnya Air Terjun Umbul Songo. Jadi kenakan sepatu yang Anda tidak keberatan basah tetapi juga memiliki alas sepatu khusus pendaki. Pada musim hujan, jalan setapak akan berlumpur, banyak lumut dan licin, jadi pastikan Anda memiliki sepatu yang memadai untuk menahan kondisi tersebut.

Lintah Adalah Kejahatan yang Dihadapi

Lintah dan hujan deras adalah kombinasi sempurna yang menyerang para pendaki saat memasuki kawasan hutan hujan. Pertahanan terbaik Anda adalah memakai atribut panjang, kaos kaki, atau atribut yang bisa melindungi kulit tubuh.

Meskipun begitu, menutup seluruh kulit tubuh tidak sepenuhnya menjamin Anda bebas lintah. Mungkin menemukan lima lintah bersembunyi di bawah kaus kaki Anda, tidak apa-apa karena ini lebih bagus daripada kutu. 

Bawalah Baju Ganti Cadangan

Membawa jas hujan adalah kewajiban, tetapi barang satu ini tidak sepenuhnya dapat melindungi Anda dalam keadaan tetap kering. Sebagai persiapan sebelum basah kuyup, pastikan Anda membawa handuk, baju ganti, sandal jepit, dan kantong plastik untuk pakaian basah Anda.

Jika Anda akan mengunjungi tempat wisata alam di Kopeng terutama jika ingin mendaki ke air terjun saat musim hujan pastikan kondisi tubuh Anda sedang bagus. Selalu patuhi peraturan yang berlaku dan berdoa sebelum berangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *